JellyMuffin.com - The place for profile layouts, flash generators, glitter graphics, backgrounds and codes

Selasa, 21 Oktober 2008

Menjadi Pendengar Yang Baik

Menjadi Pendengar Yang Baik


Menjadi Pendengar yang Baik Menjadi Pendengar yang Baik
Dalam kehidupan sehari-hari sering terjadi salah paham yang diakibatkan oleh buruknya komunikasi. Komunikasi yang macet biasanya karena salah seorang tidak mau mendengarkan.
Untuk itu tak ada salahnya apabila kita berusaha menjadi pendengar yang baik.
Berikut ini beberapa kiat yang bisa jadi pegangan :
1. Hendaklah bersikap empati, yaitu mampu menempatkan diri dalam situasi orang lain.
2. Ciptakan iklim emosional sehingga orang lain merasa aman, bebas, dan dihargai untuk berbicara.
3. Disiplin dalam mendengar. Mau dan mampu memberi tanggapan yang sesuai dengan situasi dan kondisi.
4. Tunjukan perhatian dan minat mendengarkan. Caranya, dengan memperlihatkan posisi tubuh yang santai. Arahkan pandangan mata ke pembicara sambil dibarengi ekspresi wajah yang sesuai dengan perasaan pembicara. Tunjukan sikap bersahabat, seperti melontarkan senyum. Tak lupa gunakan anggukan kepala sebagai tanda penghargaan atau rasa tertarik.
5. Memberi semangat pada orang lain untuk berbicara dan memberi ekspresi lanjutan untuk tetap membuat orang lain berbicara.

Copyright © 2006 jim.bermann . Thank you for taking time to read this document.
Maret 2006,
Sumber : mailist

Tidak ada komentar: